Senin, 25 Januari 2021

TUGAS 8 MPERI4

 

KOMUNIKASI PEMASARAN GLOBAL

 

credit : ilustrasi komunikasi pemasaran - manajemen-l.blogspot / 25/01/2021

A.     E- MARKETING

Secara umum, E- Marketing merupakan bentuk strategi pemasaran produk (jasa/barang) dengan menggunakan media elektronik internet. Menurut Armstrong dan Kottler (2004:74) adalah sebagai berikut: “E-Marketing is the marketing side of E-Commerce, it consists of company efforts to communicate abaout, promote and sell products and services over the internet. Menurut American Marketing Association yang dikutip oleh Kleindl dan Burrow (2005) marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen.

 

credit : ilustrasi e marketing - indiainforline.com / 25/01/2021

 Keuntungan yang dapat diberikan dengan adanya penggunaan E-marketing

1.      Mampu menjangkau berbagai konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi oleh pesaing.

2.      Target adalah konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok dan mengembangkan dialog berkelanjutan.

3.      Transaksi binis secara elektronik dan dengan biaya yang rendah. E-mail dan data files dapat dipindahkan kepada konsumen yang terpilih atau semua konsumen dalam hitungan detik.

4.      Jalur proses penjualan langsung dari produsen ke pengguna tanpa harus melewati jalur distribusi klasik.

5.      Dapat menambahkan produk untuk dipasarkan secara cepat dan melakukan perubahan dalam rencana penjualan dengan sangat cepat

6.      Dapat melacak kegiatan penjualan yang sudah terjadi, langkah-langkahnya dan hasil yang didapat

7.      Dapat mengawasi pesain

8.      Menciptakan dialog antara perusahaan dengan konsumen

9.      Dapat mendistribusikan program dan informasi tentang produk melalui E-mail atau file transfer.

 

B.     KOMUNIKASI PEMASARAN DAN BENTUK-BENTUKNYA

credit : ilustrasi komunikasi pemasaran - mporteksportindonesia.blogspot / 25/01/2021

Komunikasi pemasaran adalah aspek penting   dalam keseluruhan misi pemasaran serta penentu suksesnya pemasaran. Komunikasi pemasaran global merupakan efektivitas komunikasi pemasaran yang melewati batas-batas Negara.

 Bentuk-bentuk utama dari komunikasi pemasaran yaitu :

1.      Personal Selling, Bentuk komunikasi antar individu dimana tenaga penjual  menginformasikan, mendidik, dan  melakukan persuasi kepada calon pembeli untuk membeli produk atau jasa perusahaan

     2.  Advertising, adalah segala bentuk presentasi non-pribadi dan promosi gagasan, 

          barang atau jasa oleh sponsor tertentu yang harus dibayar.

3.      Sales Promotion, Merupakan semua kegiatan pemasaran yang mencoba merangsang terjadinya aksi pembelian suatu produk yang yang cepat. Caranya dengan menggunakan kupon, voucher, sampel, undian dan discount

4.      Public Relations, Upaya hubungan masyarakat perusahaan harus membantu perkembangan perbuatan baik dan pemahaman di antara unsur-unsur pokok perusahaan baik yang di dalam maupun yang di luar. Praktisi humas bertujuan menghasilkan publisitas yang baik. Personil humas juga memainkan peran kunci dalam merespon laporan media yang tidak menyanangkan atau kontrofersi yang timbul karena kegiatan perusahaan di belahan dunia lain.

SUMBER :

https://www.ilmu-ekonomi-id.com/2016/10/pengertian-e-marketing-manfaat-kelebihannya.html

https://hanifnaufalhawari.blogspot.com/2019/10/e-marketing-komunikasi-pemasaran-global.html#:~:text=Komunikasi%20pemasaran%20global%20merupakan%20efektivitas,yang%20melewati%20batas%2Dbatas%20Negara.&text=Adversting%20adalah%20segala%20bentuk%20presentasi,sponsor%20tertentu%20yang%20harus%20dibayar.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar