Jumat, 05 Februari 2021

TUGAS10 MPERI4

STRATEGI SAMSUNG ELECTRONICS DALAM MENGHADAPI PASAR GLOBAL

credit : logo samsung - logos-download.com/ 05/02/2021

SEJARAH

Samsung Electronics adalah perusahaan pembuat perangkat elektronika terbesar di dunia yang berkantor pusat di Seocho Samsung Town di SeoulKorea Selatan . Perusahaan ini adalah perusahaan Korea Selatan yang terbesar dan merupakan ikon dari Samsung Group, yang merupakan konglomerasi terbesar di Korea Selatan. Didirikan di Daegu, Korea Selatan pada tahun 1988 perusahaan ini sudah memproduksi berbagai macam alat elektronik seperti kulkas, handphone, mp3 player dan lain sebagainya. Keberhasilan Samsung dalam mencapai posisi global brand tentunya bukan suatu prestasi yang didapatkan dengan mudah.

Samsung kerap dihadapkan oleh beberapa rivalnya dalam beradu inovasi dan kualitas produk, sebut saja Sony yang dalam beberapa tahun terakhir menjadi salah satu rival terberat bagi Samsung.

Meskipun begitu, strategi Samsung menghadapi pesaing seperti Sony terbukti berhasil, sehingga Samsung tetap menjadi salah satu brand yang paling diminati oleh masyarakat baik di Indonesia maupun dunia. 

credit : handphone samsung A51 dan A71 - uzone.id/ 05/02/2021

STRATEGI

1. Riset pasar

Samsung menerapkan strategi riset pasar dalam proses inovasi setiap produknya.

Dengan kata lain Samsung berusaha mencari tahu produk seperti apa yang sedang dibutuhkan atau diminati oleh masyarakat, lalu Samsung berusaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut melalui produk-produk terbarunya.

Sebagai contoh, pada awal tahun 2020 Samsung telah merilis 2 produk terbarunya yaitu Samsung Galaxy A51 dan Samsung Galaxy A71 yang ditujukan khusus untuk para gamers.

Ada 3 fitur yang kerap disebutkan oleh Samsung dalam memasarkan Samsung Galaxy A51 dan Samsung Galaxy A71 yaitu kualitas layar HD+, baterai yang tahan lama, dan anti Lag ketika bermain game.

Ketiga fitur yang disebutkan oleh Samsung memang merupakan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh setiap gamers, hal ini membuktikan bahwa Samsung telah melakukan riset pasar dan berusaha memenuhi kebutuhan para konsumen melalui kedua produk tersebut.

2. Kerja sama dengan distributor lokal

Di Indonesia, Samsung bekerja sama dengan salah satu distributor lokal yaitu PT. Erafone Artha Retailindo.

Hal ini tentunya bukan hanya mempermudah Samsung untuk proses pendistribusian produknya ke seluruh wilayah di Indonesia tapi juga menjadi salah satu strategi pemasaran Samsung di Indonesia.

Distributor lokal yang telah bekerja sama dengan Samsung secara tidak langsung juga akan ikut serta mempromosikan produk-produk Samsung, terlebih lagi Erafone merupakan salah satu distributor elektronik terbesar di Indonesia yang memiliki jangkauan pasar cukup luas.

3. Iklan di berbagai media

Tidak hanya gencar melakukan iklan di televisi, tapi Samsung juga gencar berpromosi di sosial media dan beberapa platform digital lainnya.

4. Kekuatan Brand Image

Samsung telah mengantongi kepercayaan masyarakat terhadap produk-produknya, terutama mereka yang telah berpengalaman menggunakan produk Samsung sebelumnya.

Brand image ini lah yang harus dibangun oleh setiap pebisnis termasuk kamu, memang prosesnya tidak sebentar namun apabila bisnis yang kamu miliki memiliki kualitas dan keunikan, bukan tidak mungkin brand kamu akan mampu bersaing dengan brand-brand lainnya.

 

SUMBER       :

https://id.wikipedia.org/wiki/Samsung_Electronics

https://teknologi.bisnis.com/read/20131003/105/166841/ini-4-strategi-samsung-pertahankan-posisi-no1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar