Rabu, 07 Oktober 2020

TUGAS 1 MPERI4

Pengelompokan Segmentasi , Target Pemasaran, Tantangan dan Peluang PT. Maybelline Indonesia terhadap Pasar Global

 



SEJARAH

Maybelline merupakan produk kosmetik internasional yang didirikan oleh T.L. Williams di New York, Amerika serikat pada tahun 1915. Nama Maybelline sendiri merupakan gabungan dari Maybel yang merupakan adik perempuan dari T.L. Williams dan vaselline. Maybelline di ambil alih oleh L’Oreal Group sejak tahun 1996, setelah sebelumnya pada tahun 1967 di ambil alih oleh Plough Inc dan grup investor Wasserstein Perella & Co pada tahun 1990. Produk pertama yang di luncurkan Maybelline Cake Mascara pada tahun 1917. Maybelline pertama kali menciptakan slogan “Maybe She’s Born With It. Maybe It’s Maybelline” pada tahun 1991 dan masih digunakan sampai saat ini.

 


PENGELOMPOKAN SEGMENTASI

Segmentasi pasar dikelompokan menjadi beberapa bagian diantaranya adalah segmentasi berdasarkan geografis, berdasarkan demografis, berdasarkan psikografi.

1.      Segmentasi berdasarkan geografis

Pada segmentasi ini pasar di bagi berdasarkan tempat atau wilayah. Dimana orang yang memiliki tempat tinggal sama akan memiliki kebutuhan yang sama pula. Seperti halnya produk bedak dari Maybelline, produk ini dianggap sebagai salah satu produk bedak yang bisa menghindarkan kulit wajah dari minyak saat beraktivitas seharian. Pasalnya kebanyakan kaum hawa di Indonesia rentam memiliki kulit yang berminyak, mengingat Negara kita ini adalah Negara tropis. Jadi dengan mengandalkan segmentasi geografis produk ini bisa memikat para kaum hawa di Indonesia khususnya.

2.      Segmentasi pasar berdasarkan demografi

Pada segmentasi ini pasar dikelompokkan menurut usia, jenis kelamin, status perkawinan dll yang berkaitan dengan kependudukan. Misalnya saja pada produk Maybelline ini, sasaran konsumen dari produk ini pastilah para remaja wanita karena remaja wanita saat ini cenderung lebih ingin merawat atau mempercantik dirinya entah itu melalui bedak atau foundation.

3.      Segmentasi berdasarkan psikografi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, produk ini berguna untuk menghilangkan minyak pada wajah. Hal ini yang menyebabkan para kaum hawa termotivasi untuk membeli atau menggunakan karena ingin mempercantik diri mereka.

 


TARGET PEMASARAN

            Target pemasaran produk Maybelline adalah konsumen usia 15-25 tahun. Karna itulah Maybelline harus mampu menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan tentunya dengan harga yang terjangkau sehingga dapat di beli oleh konsumennya.

 


Tantangan dan Peluang

            Tantangan PT. Maybelline Indonesia terhadap pasar global yaitu banyaknya brand-brand baru dari Tiongkok yang memiliki kualitas yang baik namun memiliki harga yang lebih murah dari produk Maybelline. Hal ini yang menjadi tantangan Maybelline kedepannya untuk terus berinovasi dan tetap menjaga mutu serta kualitasnya, inovasi-inovasi ini juga pula yang nantinya akan menjadi peluang maybeline untuk tetap membuat konsumen lama tetap loyal karna merasa produk-produk maybeline inovatif serta bermutu dan konsumen baru pun akan berdatangan karna merasa penasaran ingin mencoba produk-produk inovatif dari Maybelline.

 

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Maybelline

http://blog.ub.ac.id/bungaayupamungkas/2013/03/05/tugas-manajemen-pemasaran-segmentasi-pasar/

https://marketeers.com/perjalanan-100-tahun-maybelline-bertekad-terus-inovatif/

http://scholar.unand.ac.id/43217/9/BAB%20I%20%28Pendahuluan%29.pdf

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar