Pengelompokan
Segmentasi , Target Pemasaran, Tantangan dan Peluang PT. Maybelline Indonesia
terhadap Pasar Global
SEJARAH
Maybelline
merupakan produk kosmetik internasional yang didirikan oleh T.L. Williams di
New York, Amerika serikat pada tahun 1915. Nama Maybelline sendiri merupakan gabungan dari Maybel yang merupakan adik perempuan dari T.L. Williams dan vaselline. Maybelline di ambil alih oleh L’Oreal
Group sejak tahun 1996, setelah sebelumnya pada tahun 1967 di ambil alih oleh Plough Inc dan grup investor Wasserstein Perella & Co pada tahun
1990. Produk pertama yang di luncurkan Maybelline
Cake Mascara pada tahun 1917. Maybelline
pertama kali menciptakan slogan “Maybe
She’s Born With It. Maybe It’s Maybelline” pada tahun 1991 dan masih
digunakan sampai saat ini.
PENGELOMPOKAN
SEGMENTASI
Segmentasi pasar dikelompokan menjadi beberapa bagian
diantaranya adalah segmentasi berdasarkan geografis, berdasarkan demografis,
berdasarkan psikografi.
1.
Segmentasi berdasarkan geografis
Pada
segmentasi ini pasar di bagi berdasarkan tempat atau wilayah. Dimana orang yang
memiliki tempat tinggal sama akan memiliki kebutuhan yang sama pula. Seperti
halnya produk bedak dari Maybelline, produk ini dianggap sebagai salah satu
produk bedak yang bisa menghindarkan kulit wajah dari minyak saat beraktivitas
seharian. Pasalnya kebanyakan kaum hawa di Indonesia rentam memiliki kulit yang
berminyak, mengingat Negara kita ini adalah Negara tropis. Jadi dengan
mengandalkan segmentasi geografis produk ini bisa memikat para kaum hawa di
Indonesia khususnya.
2.
Segmentasi pasar berdasarkan
demografi
Pada segmentasi ini pasar dikelompokkan menurut usia, jenis
kelamin, status perkawinan dll yang berkaitan dengan kependudukan. Misalnya
saja pada produk Maybelline ini, sasaran konsumen dari produk ini pastilah para
remaja wanita karena remaja wanita saat ini cenderung lebih ingin merawat atau
mempercantik dirinya entah itu melalui bedak atau foundation.
3.
Segmentasi berdasarkan psikografi
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, produk ini berguna
untuk menghilangkan minyak pada wajah. Hal ini yang menyebabkan para kaum hawa
termotivasi untuk membeli atau menggunakan karena ingin mempercantik diri mereka.
TARGET PEMASARAN
Target pemasaran produk Maybelline adalah konsumen usia
15-25 tahun. Karna itulah Maybelline harus mampu menciptakan produk yang sesuai
dengan kebutuhan dan tentunya dengan harga yang terjangkau sehingga dapat di
beli oleh konsumennya.
Tantangan dan Peluang
Tantangan PT. Maybelline Indonesia
terhadap pasar global yaitu banyaknya brand-brand baru dari Tiongkok yang
memiliki kualitas yang baik namun memiliki harga yang lebih murah dari produk Maybelline.
Hal ini yang menjadi tantangan Maybelline kedepannya untuk terus berinovasi dan
tetap menjaga mutu serta kualitasnya, inovasi-inovasi ini juga pula yang
nantinya akan menjadi peluang maybeline untuk tetap membuat konsumen lama tetap
loyal karna merasa produk-produk maybeline inovatif serta bermutu dan konsumen
baru pun akan berdatangan karna merasa penasaran ingin mencoba produk-produk
inovatif dari Maybelline.
Sumber
:
https://id.wikipedia.org/wiki/Maybelline
http://blog.ub.ac.id/bungaayupamungkas/2013/03/05/tugas-manajemen-pemasaran-segmentasi-pasar/
https://marketeers.com/perjalanan-100-tahun-maybelline-bertekad-terus-inovatif/
http://scholar.unand.ac.id/43217/9/BAB%20I%20%28Pendahuluan%29.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar